DEFINISI PEMROGRAMAN.NET


Tentang Pemrograman .Net



Postingan berikut ini adalah ringkasan atau kisi kisi di perkuliahan Pro.Net sebelum Uts , Dan ternyata pada UTS ini berjalan alhasil soalnya sama, jadi saya postkan dehh diblog ini , mungkin akan jadi referensi bagi teman teman .

A. Apa itu ..?

• Method: merupakan bagian dari badan program yang mengimplementasikan aksi tertentu dan akan dijalankan ketika dipanggil.

• Variable : Variabel merupakan tempat di dalam memori komputer yang digunakan untuk menampung sebuah nilai (data).

<tipe data> <variabel>;
Sintaks:

int discount;
int a,b,c;
string nama;
• object : adalah sebuah benda. Benda apa saja yang dapat dikenali maupun dibayangkan. Nyata maupun abstrak. Fisik maupun konseptual. Termasuk juga software. 
• Class : merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel dan metode secara umum.
 
Inheritance adalah kemampuan sebuah objek untuk meng-inherit atau mewarisi data dan fungsi-fungsi dari parent class-nya.



• Polymorphism : adalah kemampuan untuk menyembunyikan berbagai implementasi yang berbeda dibelakang sebuah interface.

• Interface : adalah tipe special pada C# yang digunakan untuk mendefinisikan spesifikasi.

Interface didefinisikan dengan menggunakan keyword interface. Interface diimplementasikan oleh class.
Class yang mengimplementasikan interface harus menyediakan body untuk semua member interface.



B. Keistimewaan .net :

• Programmer dapat berpindah dari teknologi lama ke teknologi .NET dengan mudah karena adanya kompabilitas .NET dengan teknologi lama (misalnya Migrasi dari VB 6 ke VB.NET)

• Dapat membuat interaksi antarprogram walaupun dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda

• Dukungan penuh terhadap pengembangan aplikasi internet, seperti teknologi HTML, XML, SOAP, dan HTTP

• Mendukung banyak bahasa pemrograman, diantaranya Visual C++, C#, Visual Basic, dan java


C. Kelebihan c# :

• Sederhana (simple)

                C# bersifat sederhana, karena didasarkan pada bahasa C dan C++ bahkan java. Tetapi C# lebih lebih sederhana dari bahasa-bahasa tersebut karena C# dibuat dengan menghilangkan kelemahan-kelemahan dari bahasa-bahasa yang mendasarinya.

• Modern

                Bahasa C# memiliki fitur seperti exception handling, garbage collection, extensible data types, dan code security (keamanan kode/bahasa pemrograman). Fitur-fitur ini akan ada di tiap bahasa pemrograman yang modern dan C# sudah memilikinya

• Object-Oriented Language

                Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented adalah memiliki kemampuan dalam pembentukan objek, class, melakukan encapsulation, inheritance, dan polymorphism dengan mudah. Sifat-sifat tersebut di atas, telah dimiliki oleh C# sehingga bahasa C# merupakan bahasa yang bersifat Object Oriented

• Powerfull dan fleksibel

                C# bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi console, pengolah kata, form web, grafik, spreadsheets, atau bahkan membuat kompiler untuk sebuah bahasa pemrograman.


• Efisien

                Bahasa C# merupakan bahasa yang mengandalkan library yang sangat lengkap, karena itu C# hanya memiliki sedikit keywords. Jadi para developer dapat mengingat dan memahami kegunaannya dengan baik.


D. tipe variable :

  1. Tipe Boolean
Tipe data Boolean akan memiliki dua nilai, yaitu nilai true yang mewakili nilai benar dan nilai false mewakili nilai salah. Tipe data Boolean dalam C# dikenal dengan keyword bool.
Contoh:
                bool nilai1;
                bool nilai2=false;

2.      Tipe Numerik

Merupakan tipe yang digunakan untuk menangani masalah seperti perhitungan angka. Dibawah ini dapat dilihat daftar tipe data yang termasuk kelompok numerik.
 
3.       Tipe Char dan String

Merupakan tipe data yang digunakan untuk memanipulasi data berupa sebuah atau sekumpulan karakter. Tipe data char digunakan untuk mengolah hanya satu karakter dan tipe string merupakan tipe data yang digunakan untuk mengolah sekumpulan karakter.
Contoh:
                char nilai=’A’;
                string nama=”Sandra”;

       4.    a . Parameter Nilai :

Merupakan input dengan tujuan hanya nilai data yang ditransfer ke dalam prosedur atau method yang berfungsi sebagai masukan.


b. parameter ref
       Merupakan parameter yang dapat dijadikan input maupun output. Dengan parameter ref, nilai yang diproses dalam sebuah method dapat dikirim keluar dengan menggunakan parameter ref sebagai output (hasil).


c. parameter out :
       Merupakan parameter yang digunakan untuk mentransfer data ke luar prosedur atau method. Parameter out tidak dapat digunakan untuk menerima nilai masukan.
 
 
E. Sebut dan Jelaskan prinsip dasar PBO :
 
A.   PRINSIP DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)
Ada empat prinsip dasar PBO yaitu:
1.      Abstraction
Abstraction adalah karakteristik mendasar yang dimiliki oleh sebuah entity (benda) yang membedakan entity tersebut dari semua jenis entity yang lain. Dengan abstraction, kita dapat mengurangi kompleksitas dengan berkonsentrasi pada karakteristik mendasar dari sebuah entity tersebut. Abstraction bersifat sangat konseptual.  
2.      Encapsulation
Merupakan proses penyatuan variabel dan metode dalam satu “kapsul” class. Encapsulation sering juga dinyatakan sebagai penyembunyian informasi. Encapsulation memungkinkan seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa perlu tahu secara mendetail tentang bagaimana sesuatu tersebut dilakukan.
3.      Modularity
Modularity adalah memecah-mecah suatu yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah di-manage. Modularity memudahkan dalam memahami sebuah sistem yang kompleks.
4.      Hirarki
Hirarki adalah pengurutan dari suatu abstraction menjadi sebuah struktur pohon. Dengan menggunakan hirarki, memudahkan untuk  mengenali persamaan dan perbedaan dari anggota dalam hirarki tersebut. Suatu contoh, misalnya botani. Botani mengelompokkan tumbuhan menjadi beberapa keluarga tumbuhan.
 
F. Sebut dan jelaskan class member :
          Konstanta : anggota Class yang bernilai tetap
          Field : variabel yang dideklarasikan dalam Class
          Method : anggota Class yang berisi baris perintah yang bisa dipanggil oleh Class atau Object
          Properties : metode khusus yang digunakan untuk mendapatkan atau mengubah nilai dari sebuah field dalam Class
          Event : segala sesuatu yang dapat dikenakan terhadap sebuah Class atau Object
          Indexer
          Operator
          Constructor : method yang digunakan untuk menciptakan sebuah object berdasarkan kerangka Class
          Destructor : method yang digunakan untuk menghancurkan sebuah object


 
Comments
1 Comments